Thursday, June 16, 2016

Empat Belas
Persiapan untuk Pesta Dansa
Itu adalah pada minggu siang ketika seseorang membicarakan
tentang pesta dansa pakaian khayal lagi. Frank Crawley telah
datang untuk makan siang dan tiga diantaranya kami berharap
punya siang yang tenang. Tetapi karena kami bicara di luar ke
pohon besar di halaman rumput, kami mendengar sebuah mobil di
jalan. Kami terpaksa kembali ke rumah untuk menyambut tamutamu.
Sangat cepat, mungkin banyak orang datang dan kemudian
makin dan makin.
Mereka semua tinggal untuk teh, tentunya. Ketika kami duduk
di ruang lukis makan kue dan roti lapis, salah satu tamu kami tibatiba
bilang ke Maxim.
“Oh, Tuan De Winter. Ada sesuatu yang musti kutanya
padamu. Apakah kamu punya sebuah pesta dansa pakaian khayal
di Manderley tahun ini?”
Maxim menjawab dengan tenang. “Aku tidak punya pikiran
tentang itu,” katanya. “Dan aku tidak memikirkan tiap yang orang
lain punya.”
“Oh, tapi Anda salah,” kata perempuan yang lain. “Kami
semua telah memikirkan tentang itu. Kami sudah terbiasa
menikmati pesta dansa Manderley.”
“Baiklah, aku tidak tahu,” kata Maxim. “Akan ada perjanjian
besar untuk dilakukan, kamu sebaiknya tanya Frank Crawley, dia
akan melakukan banyak tentang pekerjaan itu.”
---Devkinandan Nurul Huda---
---Cinta Sejati dan Takdirnya---
76
“Aku tidak keberatan dengan pekerjaan itu,” kata Frank.
Lihatlah aku, “Itu Maxim dan Nyonya yang memutuskan.”
Setiap orang memandangku dan mulai bicara seketika.
“Sekarang Nyonya De Winter, kamu musti menolong kita,
suamimu akan mendengarkanmu. Akhirnya, kau yang menjadi
seorang mempelai wanita baru. Pesta dansa akan ada untukmu.”
“Iya, tentu saja,” kata seorang pria, “Kami semua rindu
perkawinanmu. Seharusnya ada beberapa macam pesta di sini. Di
Manderley.”
Setiap orang tertawa dan bertepuk tangan.
Maxim memandangku.
“Bagaimana denganmu? Inginkah kau?” katanya.
Aku tak tahu apa yang Maxim pikirkan. Mungkin dia pikir
aku terlalu malu untuk ingin pesta dansa.
“Aku kira aku agak suka ide itu,” aku katakan dengan
senyum.
Maxim berbalik.
“Baiklah, Frank. Kita akan punya pesta dansa. Nyonya
Danvers dapat menolongmu. Dia akan tahu apa yang harus
dilakukakan. Sekarang jika kita telah selesai minum teh, kami akan
pergi ke kebun.”
Kami semua pergi ke bagian luar. Tamu-tamu kami bicara
dengan senang, sekarang tentang kostum merah untuk pesta dansa.
Aku merasa bergembira juga.
“Apa yang akan kamu pakai?” aku bilang pada Maxim.
---Devkinandan Nurul Huda---
---Cinta Sejati dan Takdirnya---
77
“Aku tak pernah memakai pakaian khayal,” jawab Maxim.
“Aku adalah tuan rumah, jadi aku dapat melakukan yang aku
suka.”
“Apa yang akan aku pakai?” kataku. “Aku tak punya ide sama
sekali.”
Maxim tersenyum padaku.
“Jika kau nampak cantik, aku tak keberatan apa yang kau
pakai,” dia bilang padaku.
“Baiklah,” kataku. “Kostum aku akan jadi rahasia. Aku akan
menjaga itu sebagai sebuah kejutan.”
Maxim tertawa dan menepuk bahuku. Seperti biasa, dia
memperlakukanku sebagai anak kecil. Aku tidak ingin menjadi
anak kecil. Aku ingin menjadi perempuan dewasa.
“Aku akan memakai pakaian indah di pesta itu,” aku bilang
pada diriku sendiri, “Setiap orang akan bilang betapa
mempesonakan saya, mereka akan berpikir tentang aku sebagai
Nyonya Winter yang sesungguhnya akhirnya. Maxim akan
mencintaiku sebagai istrinya dan lupa tentang Rebecca.”
***
Segera setelah setiap orang di Manderley bicara tentang pesta
dansa pakaian khayal. Pembantu perempuan kecilku, Clarice,
bicara tentang tak lain.
“Oh, Nyonya, itu begitu mengasyikkan,” katanya. “Aku
sangat berpandangan ke depan untuk itu.”
Persiapan dilanjutkan. Frank sangat sibuk dan begitu pula
Nyonya Danvers. Aku sangat jarang melihatnya, dan aku senang.
---Devkinandan Nurul Huda---
---Cinta Sejati dan Takdirnya---
78
Aku mulai mendapat kekhawatiran tentang kostum saya. Aku
tidak tahu apa yang harus kupakai. Aku melihat melalui buku yang
Beatrice telah berikan padaku. Aku membuat sketsa beberapa
kostum, tapi aku tidak suka diantaranya. Aku ingin yang cantik dan
sederhana juga.
Sore itu, ketika aku siap untuk makan malam, ada ketakutan di
pintu kamar tidurku. Buat terkejutku, itu adalah Nyonya Danvers.
Dia memegang selembar kertas di tangannya. Itu adalah sebuah
lukisan tentang kostum yang mana telah aku sket dan kemudian
terbuang.
“Aku menemukan ini, Nyonya,” kata Nyonya Danvers. Aku
kira Anda telah membuangnya karena kesalahan.
“Tidak, Nyonya Danvers. Aku tidak ingin itu, terima kasih,”
kataku cepat.
Aku harap dia akan pergi, tetapi ia berdiri di pintu. “Jadi Anda
belum memutuskan memakai apa, Nyonya?” kata Nyonya Danvers
dengan suara bersahabat.
“Tidak, aku belum memutuskan,” jawabku.
“Mungkin Anda dapat meniru salah satu dari gambar di
balai,” saran Nyonya Danvers. “Banyak dari mereka akan
membuat kostum indah. Apa pikir Tuan Winter?”
“Aku tidak tahu,” kataku. “Aku ingin mengejutkannya. Aku
akan menjaga kerahasiaan kostum saya.”
Nyonya Danvers kelihatan senang dengan kata-kataku.
“Aku sarankan Anda memakai kostum buatan London,
Nyonya. Ada sebuah toko di jalan bond yang akan mengerjakan itu
dengan baik. Aku selalu suka gambar gadis yang putih,” Nyonya
Danvers melanjutkan dengan cara yang sama bersahabat.
---Devkinandan Nurul Huda---
---Cinta Sejati dan Takdirnya---
79
“Gambar itu sekitar dua ratus tahun usianya, pakaian gadis itu
sangat sederhana. Itu akan jadi mudah untuk ditiru.”
Aku tidak tahu apa yang harus kukatakan. Aku tahu gambar
itu bagus. Aku mau aku punya pikiran tentang ide itu sendiri.
“Terima kasih, Nyonya Danvers,” kataku.
Nyonya Danvers pergi keluar dengan tenang. Aku heran
mengapa dia begitu bersahabat. Mungkin amarah Maxim telah
menakutkannya.
Ketika aku turun untuk makan malam, aku berhenti di depan
gambar seorang gadis muda, namanya Caroline De Winter dan dia
sudah terkenal kecantikannya. Pakaian itu sangat sederhana,
dengan lengan pendek dan rok panjang penuh. Rambutnya keriting,
aku akan harus memakai wig pada rambut lurus milikku. Aku
merasa sangat gembira. Aku senang bahwa aku telah memilih
kostum aku akhirnya.
Aku tidak bicara apa-apa pada Maxim. Hari berikutnya aku
membuat sket gambar itu. Kemudian aku kirimkan lukisan itu ke
toko di London dengan petunjuk hati-hati tentang pakaian dan
wignya.
Persiapan untuk hari besar itu berlangsung. Tidak ada orang
yang mengharapkanku melakukan apa-apa. Secara perlahan rumah
besar itu mulai berubah. Perabotan di pindah ketika aula besar itu
disiapkan untuk dansa. Lampu-lampu warna digantung di
pepohonan luar. Ada bunga-bunga di setiap tempat, ratusan dari
mereka dibawa dari dalam kebun dan Nyonya Danvers tahu benar
bagaimana mengaturnya. Manderley menghadappi suatu keindahan
baru. Aku belum pernah melihat rumah tua itu nampak
menyenangkan seperti ini.